Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Friday 5 August 2011 0 comments


Perhatikan Visual Grafis
Efek efek visual grafis komputer sahabat blogger seringkali memberatkan kinerja komputer PC sahabat blogger. Oleh karena itu sahabat bloggerharus memilih antara mementingkan visual grafis/tampilan dari komputer sahabat bloggeratau lebih mementingkan kualitas dan performa dari komputer PC sahabt blogger. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Klik kanan icon My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Visual Effects

Nah disitu kan ada pilihan antara mementingkan kualitas gambar atau performa komputer PC, sahabat bloggerpilih saja yang sahabat bloggerutamakan. Atau sahabat bloggerbisa pilih sendiri di menu custom, tinggal check/uncheck pilihan sahabat bloggersesuai dengan keinginan dan kebutuhan sahabat blogger.

Hindari Program-program yang Tidak Berguna
Seringkali sahabat blogger hanya menginstall program untuk memenuhi isi komputer sahabat blogger. Padahal semakin banyak program yang ada di komputer sahabat blogger maka hardisk akan lebih penuh. Dan semakin banyak isi hardisk yang terpakai maka komputer sahabat blogger akan berjalan lebih lambat pula. Oleh karena itu saya sarankan sahabat blogger agar :- Uninstall program-program yang tidak berguna

Caranya :
Control Panel -> Add or Remove ProgramsNah disitu akan kelihatan mana program-program yang sering sahabat blogger pakai dan mana yang tidak. Sebaiknya untuk program yang jarang sahabat blogger pakai maka di hapus saja dari komputer PC sahabat blogger.

Lakukan Disk CleanupDisk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk sahabat blogger.

Caranya :

My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang sahabat blogger ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> Disk Cleanup- Defragment Hardisk Berkala Defragment ini juga bisa membersihkan hardisk dari data-data yang tidak berguna. Sehingga jika sahabat blogger melakukan defragment hardisk ini akan menambah free spac penyimpananan hardisk sahabat blogger

Caranya :
My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang sahabat blogger ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> (tab) Tools -> Defragment Now

Melakukan perbaikan dengan Software
Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer sahabat blogger. Diantaranya advanced systemCare Tune Up Utilities, CCleaner, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry sahabat blogger dari kesalahan-kesalahan / Error. Sahabat blogger dapat mencari sofware - software tersebut di google maupun indowebster.

Optimalkan Virtual Memori
Caranya :
My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Advanced -> (Virtual Memori -> Change)
Nah disitu ada bagian custom size sahabat blogger isi disitu sesuai dengan yang ada di Reccomended

Matikan beberapa fitur Start Up yang tidak berguna
Caranya :
Start Menu -> RUN -> Ketikan MSCONFIG -> OK / Enter -> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus
Klik Menu service -> Hilangkan centang pada Automatic Updates
Setelah itu tekan Apply lalu OK

0 comments:

Post a Comment

 

©Copyright 2011 Gelang Bambu | TNB